Selamat Datang di Blog kami

Semoga Anda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan blog kami

Jumat, 29 Januari 2010

Multikulturalisme di Bali?

Sebentar lagi siswa-siswa MAN 1 Pati akan berwisata ke pulau Bali, sebelumnya akan Surabaya dan ziarah wali. Bicara mengenai Bali, tentunya siswakan mendapatkan suatu pemandangan yang jarang disaksikan di tempat kediamannya.
Slaah satu yang menonjol dari masyarakat Bali yang tidak dijumpai di Pati adalah mengenai kehidupan beragamanya yang sangat kental pada masyarakat Bali. Kehidupan religious ini memang bisa dikelola dengan baik sehingga bisa dijadikan jualan komoditi pariwisata yang menjadi primadona pendapatan bagi masyarakat Bali.
Kehidupan religious dari masyarakat Bali ini tak lepas dari kegigihan dari para pemuka agama dan masyarakat bali untuk terus menajga kehidupan religious mereka. Meski digempur berbagai kebudayaan asing, namun budaya religus masyarakat Bali memang masih bisa bisa bertahan di tengah derasnya arus globalisasi.
Nah, beberapa hal inilah yang nanatinya siswa-siswa MAN bisa dapatkan sebagai sebuah bahan pembelajaran dan perenungan ketika nantinya berwisata ke pulau Bali. Selamat menikmati, semoga ada sesuatu hal yang bisa dibawa dari Bali kaitannya dengan kehidupan Bali yang multikultur namun bisa berjaklan dengan baik.

2 komentar: