Selamat Datang di Blog kami

Semoga Anda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan blog kami

Rabu, 27 Januari 2010

Mobilitas Sosial Intra generasi dan antar generasi.

Seringkali ada suatu pertanyaan yang mungkin para pengajar Sosiologi jumpai yakni mengenai mobilitas sosial intra generasi dan antar generasi.
Membedakannya sebenarnya mudah: yakni mobilitas sosial intra generasi adalah mobilitas yang terjadi dalam satu generasi, atau ada literature yang mengatakan bahwa mobilitas social yang terjadi sepanjang hidup seseorang. Contoh: Pak Joko yang semula guru, kemudian menjadi kepala sekolah kemudian menjadi pengawas dan terakhir menjabat Kepala Dinas Pendidikan.
Sedangkan mobilitas antar generasi bisa diterjemahkan sebagai mobilitas yang terjadi antara dua generasi atau lebih. Misalnya Bapak Joko profesinya petani kecil. Anak-anaknya sukses menjadi pejabat di pemerintahan, di sini bisa dilihat ada mobilitas social yang dialami Bapak Joko selaku generasi pertama dengan anak-anaknya selaku generasi kedua.
Nah, semoga tulisan ini bisa membantu pembaca khususnya siswa danguru Sosiologi tentang perbedaan antara mobilitas intra dan antar generasi.

12 komentar:

  1. contohnya bapak saya dulunya penjaga sekolah lalu sekarag diangkat menjadi PNS di bagian tata usaha bagimana solusinya dan cara mobilitas apakah yang bagus buatnya ? ? ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pikir itu termasuk ke dalam mobilitas vertikal intragenerasi naik

      Hapus
  2. Matur nuwun pak, sukses selalu

    BalasHapus
  3. Matur nuwun pak, sukses selalu

    BalasHapus
  4. Mantap pak. Saya baru ngerti ini.wkwk

    BalasHapus
  5. Mantap pak guru...saya penyuka pelajaran Sosiologi dan juga seorang Milanisti hehehe

    FORZA MILAN.......TU SEI TUTTA LA MIA VITA.

    BalasHapus