Selamat Datang di Blog kami

Semoga Anda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan blog kami

Senin, 11 Januari 2010

Mensiasati Pengajaran Materi Penelitian Sosiologi

Mungkin perlu dicermati pada kurikulum atau silabus yang ada, khususnya untuk mata pelajaran Sosiologi kelas XII materi penelitian ditaruh di bagian terakhir. Padahal mnurut hemat penulis, penelitian ini materi yang cukup penting. Kalau meliaht realita penulis melihat lemahnya daya menulis atau meneliti dari siswa. Nah, materi penelitian sebenarnya merupakan jang yang tepat untuk menumpahkan kreativitas dalam menulis dan ,mengkspresikan pemikiran dan menganalisis suatu masalah

Apalagi ujian Nasional yang diadakan semakin maju waktunya, membuat penyampaian materi penelitian sosial menjadi tidak maksimal. Bayangkan, penulis hanya punya waktu antara Januari sampai Maret. Padahal, siswa juga harus berkonsentrasi dengan Ujian nasional, sehingga proses pembelajaran materi penelitian menjadi tidak maksimal.

Penelitian ini merupakn faktor penting yang sebenarnya harus dipelajari siswa. Penelitian akan membuat siswa manjdi terampil dalam menerpakan prinsip-prinsip keilmuan tidak hanya sebatas teori saja. Pada penelitian siswa mampu berpikir ilmiah, sistematik dan logis sebagaimana sifat dari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mensiasati hal ini biasanya penulis memajukan pengajaran materi kelas XII sehingga materi penelitian bisa diajarkan pada semester gasal. Pengajarannya pun langsung diarahkan pada penelitian praktis dan teorinya hanya sedikit saja. Siswa kemudian dibebani untuk menmbuat laporan bisa individu ataupun kelompok.

Langkah kainnya bisa saja dengan menyisipkan materi penelitian sosial ini ke pembelajaran di kelas XI ataupun awal semester gasal XII. Dimana misalnya materi multikulturalisme, siswa diberi tugas meneliti tentang multikulturalisme. Ini bisa mensiati pengajaran materi kelas XII yang memang waktunya relatif sedikit. So..mungkin sedikiat cara ini bisa membantu pembaca yang kebetulan mengajar Sosiologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar