Selamat Datang di Blog kami

Semoga Anda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan blog kami

Selasa, 05 Januari 2010

SLANK dan MUSIK ANTI KORUPSI

Wow, grup musik Slank memang termasuk protype langka untuk sebuah grup band,. Di saat band-band Indonesia hanya berkutat dengan masalah percintaan dua insan berlawanan jenis, Slank tampil gagah berani menyuarakan lagu yang bernuansa kritik sosial. Persis apa yang sudah dilakukan musisi Iwan Fals dulu, membuat musik yang berisi kritik sosial. Bahkan Iwan Fals sekarang tampil (kembali) seperti waktu muda yang melejit lewat Oemar Bakri.

Kita membicarakan Slank, grup musik yang pertama kali ngetop di tahun 1990-an. Saat itu penulis masih berusia remaja. Awal-awal kemunculannya memang Slank lumrahnya band anak muda, banyak membawakan lagu-lagu cinta. Tapi lama kelamaan Slank juga membuat lagu kritik sosial. Salah satunya lagu Gosip Jalanan yang bikin merah padam muka beberapa anggota Dewan. Mau mengajukan gugatan, eh malah anggotanya ada yang diperiksa KPK….memalukan memang…

Bicara Slank, emang band ini berbeda dengan band yang lain. Meski penulis tidak ngefans Slank, tapi Slank termasuk band yang bisa membangun life style. Banyak Slankers-(fans grup Slank) yang mengidentifikasikan dirinya dengan personil Slank. Misalnya berpenampilan kurus kering macam Bimbim. Ini tahapan interaksi sosial yang tinggi, dimana sudah masuk ke model identifikasi. Tidak sekedar meniru---tapi juga sudah menyamai.

Sekarang KPK sudah bekerja sama dengan Slank dalam rangka pemberantasan korupsi. :Lewat musik Slank coba menyuarakan kegundahannya akan fakta sosial yang terjadi di sekitarnya. Ini sangat langka, di saat anak muda sekarang banyak yang terhanyut dalam tembang-tembang asmara …Slank menunjukkan tidak sekedar bermain musik, tapi juga menyuarakan sebuah kritik sosial yang ditujukan buat semua …Mungkin kalau band luar negeri ada band Race Against The Machine, yang di lirik maupun video klipnya mengkritik tentang kapitalisme.

Indonesia adalah negara dengan tingkat korupsi yang cukup besar. Bahkan kalau Anda baca Orang Miskin Dilarang Sekolah, korupsi salah satu dampaknya bikin rakyat gak bisa sekolah (yang miskin). Belum lagi kasus penyalahgunaan dana BLBI senilai trilyunan,,,yang dananya sebenarnya bisa untuk digunakan mensejahterakan rakyat. Gak akan terjadi anak tertimpa bangunan SD yang roboh.anak putus sekolah dan sebagainya. Dampak korupsi itu baru di satu sisi saja.

Slank, sudah berbuat ,,,hal ini patut dipertanyakan bisa tidak dikuti oleh band-band/artis musik yang lain. Memang berat, memadukan antara idealisme dengan komersil (baca: cari duit). Di saat ada penyanyi yang di malam tahun baru menurut berita konon dibayar milyaran untuk nyanyi lagu cinta- sementara rakyat ada yang kelaparan …atau penyanyi yang sibuk kawin cerai…Slank muncul sebagai ikon anti korupsi.

Memang Slank sudah memunculkan musik perlawanan seperti yang dirintis Iwan Fals dulu, disaat anak-anak muda terjebak narkoba, seks bebas, video mesum, Slank tampil meneriakkan anti korupsi. Band Slank tidak hanya sekedar menyanyi, tapi kini meneriakkan gaya hidup baru…anti korupsi…
Genta…..18 April 2008 01.56 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar